Indonesia · Sepakbola

Kenalin Trequartista Anyar Timnas

Septian David Maulana pemain kelahiran Semarang tahun 1996 ini dalam beberapa pertandingan kerap dimainkan pada pos Gelandang Serang tepat dibelakang penyerang tengah oleh pelatih kepala Luis Milla. Milla kerap memainkan Septian David pada pos tersebut baik di timnas U-22 pada ajang Sea Games yang lalu dan yang teranyar pada saat friendly match menghadapi Kamboja baru-baru ini.

Septian David yang kini membela Mitra Kukar diajang Liga 1 Gojek Traveloka diawal kemunculan kerap bermain sebagai Gelandang Sayap (baik kanan maupun kiri). Kala itu Septian David masuk dalam skuad timnas u-19 besutan Indra Sjafrie yang menjadi juara Piala AFF U-19 dan mengalahkan tim Korea Selatan U-19 dalam ajang Pra Piala Asia. Namun saat itu Septian David bukanlah pilihan utama Coach Indra, dia adalah pelapis Maldini Pali dan Ilham Udin Armaiyn.

Walaupun kerap tampil sebagai pemain pengganti, ketika diberi kepercayaan untuk tampil saya melihat Septian David kerap tampil apik, skill nya juga mumpuni. Menurut saya gaya dribling nya mirip winger Belanda Arjen Robben. Gaya mainnya pun menyerupai, dimana baik Septian ataupun Robben kerap melakukan tusukan dari sisi lapangan lalu melakukan manuver Cut Inside dan kerap mengakhiri dengan tendangan placing terukur ke gawang lawan.

Arjen Robben yang naturalnya adalah seorang Wing Forward/ Wing Attacking Midfielder secara mengejutkan pada Piala Dunia 2014 yang lalu dimainkan lebih ketengah menemani Robin Van Persie sebagai “Si nomor 9” (Penyerang tengah) kala itu. Robben bermain cemerlang ketika ditempatkan pada posisi tersebut walaupun hanya mampu mengantarkan negaranya menempati peringkat ketiga, setelah tumbang dari Argentina (adu penalti) pada babak Semi Final dan mengalahkan tuan rumah Brasil 3-0 pada perebutan tempat ketiga. Kala itu Tim Jerman yang berhasil menjadi juara setelah menang tipis 1-0 atas Argentina lewat gol Mario Götze.

Rupanya pelatih timnas Luis Milla juga mencium potensi yang sama pada diri Septian David. Mungkin saja Milla teringat ketika mengamati Robben pada ajang Piala Dunia 2014 dimana Belanda sempat menghajar Spanyol 5-0 (Negara asal Luis Milla) pada babak penyisihan, dimana Robben bermain apik dalam pertandingan itu. Kecemerlangan Robben terus berlanjut hingga akhir ajang ketika bermain pada posisi anyarnya sebagai Trequartista.

Ajang Sea Games yang baru saja berlalu, dimana Luis Milla yang sejatinya adalah pelatih timnas senior, ditunjuk juga memimpin timnas U-22 yang berlaga pada ajang itu. Ajang dimana pertama kalinya saya melihat Septian David bermain pada pos Trequartista di formasi 4-2-3-1, berdiri tepat dibelakang penyerang tengah Marinus Manewar Maryanto.

Hasilnya, Septian David menjadi pemain tersubur squad Garuda Muda pada ajang itu dengan 3 gol yang berhasil dilesakkan ke gawang lawan. Penampilannya amat gemilang terutama pada pertandingan perebutan medali Perunggu melawan Myanmar dimana ia menjadi Man of the Match pada pertandingan itu.

Luis Milla kembali membawa Septian David kala Timnas Senior beruji coba menghadapi Kamboja dan sekali lagi, Septian di plot sebagai Trequartista dalam formasi 4-2-3-1 pada pertandingan itu. Septian David berdiri dibelakang Lerby Aliandri (si nomor 9) dan diapit dua Wing Forward, Andik Vermansyah dikiri dan Febri Haryadi dikanan.

Sekali lagi Septian membuktikan kepiawaiannya bermain sebagai Trequartista, dia berhasil melesakan 1 gol ke gawang Kamboja dalam kemenangan Timnas atas Kamboja dengan skor 3-1.

Melihat kemampuannya melakukan kerja sama satu dua dengan para barisan penyerang, umpan-umpan yang akurat ditambah produktivitas gol yang setara penyerang tengah, maka dengan ini saya mau bilang…

“Kenalin Trequartista anyar timnas”

Septian David Maulana.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s